peta-d.jpg

Keadaan Umum Wilayah Desa Bungursari

Desa Bungursari merupakan desa Agaris, berada di 75 M di atas permukaan laut, dan secara geografis terletak pada kordinat 06ْْْ 29’ 00“ sampai 06ْْْ 29’ 30“ Lintang selatan dan 107ْْْ 30’ 00“ sampai 107ْْْ 30’30 “ Bujur timur dan terdapat dalam Peta Rupa Bumi Indonesia sekala 1 : 25.000 Nomor 1209 – 244 lembar Purwakarta (Bakosurtanal 1990).

Desa Bungursari yang letaknya sangat strategis yang akan diapit oleh 2 (dua) jalan tol Cipularang (sudah jadi) dan tol Cikampek – Cirebon (dalam rencana) merupakan wilayah yang amat potensial dalam pembangunan kedepan,

Luas wilayah Desa Bungursari

Sawah : 64 Ha

Tegalan : 162 Ha

Pemukiman : 36 Ha

Lain-lain : 40,548

Total Luas : 302,548

Desa Bungursari dikelilingi dan berbatasan lansung dengan :

Batas Utara Desa Cibungur

Batas Selatan Desa Cibening

Batas Timur Desa Cikumpay

Batas Barat Desa Dangdeur

Jumlah Penduduk Desa Bungursari sebanyak 2.474 Jiwa terdiri dari :

Kepala keluarga 912 KK

Jumlah Laki-laki 1.226 Jiwa

Jumlah Wanita 1.258 Jiwa

Komposisi penduduk menurut latar belakang pendidikan :

Tidak sekolah : 12 orang

Tidak tamat SD : 52 orang

Tamat SD : 678 Orang

Tamat SLTP : 670 Orang

Tamat SLTA : 210 Orang

Tamat D II : 2 Orang

Tamat D III : 3 Orang

Tamat S1 : 26 orang

Komposisi penduduk berdasarkan mata pencaharian :

Petani : 138 orang

Buruh Tani : 234 orang

Dagang : 72 Orang

Karyawan Swasta : 856 orang

TNI/Porli : 27 orang

PNS : 54 orang

Komposisi penduduk berdasarkan tingkat kemiskinan

Pra Sejahtera : 107 KK

Sejahtera I : 299 KK

Sejahtera II : 158 KK

Sejahtera III : 183 KK

Sejahtera III Plus : 67 KK

Komposisi penduduk peserta KB

IUD : 22 orang

MOP : 2 orang

MOW : 19 orang

IMPLANT : 22 orang

SUNTIK : 291 orang

PIL : 132 orang

Jumlah : 488 orang

PUS : 574 orang

HAMIL : 35 orang

CK/PUS : 85.02 %

Sarana dan prasarana yang dimiliki :

Jalan Lingkungan :

Jalan Desa :

Sarana Pendidikan

TK : 1 buah

SD / MDI : 1 buah

SLTA : 1 buah

Sarana Kesehatan

Puskesmas : 1 buah

Posyandu : 3 buah

BKB : 1 kelompok

BKL : 1 kelompok

GSI : 1 kelompok

Sarana Peribadatan

Masjid Jami : 5 buah

Mushala : 13 buah

Majelis Ta’lim: 4 buah

Pon Pes : 1 buah

Sarana Perekonomian

Keperasi : 2 buah

Warung / Toko : 52 buah

Usaha Angkutan : 4 buah

Bahan Bangunan : 1 buah

Industri Makanan : 1 kelompok

Restorant : 8 buah

Garment : 1 buah

Gorsir Toko : 1 buah

Tempat Hiburan : 1 buah (JD)

Galian C : 1 buah

Kelembagaan yang ada di Desa Bungursari

Bamusdes : 7 Orang

LPM: 13 orang

Pengurus PKK : 27 orang

Dusun : 3 orang

RW : 6 orang

RT : 12 orang

Linmas : 15 orang

Karang Taruna : 34 orang

P3 Mitra Cai : 1 Kelompok

Kelompok tani : 1 Kelompok

Kelompok Perikanan: 1 kelompok

Poto-Poto

Kades Beserta Tokoh Masyarakat.jpgKades Bersama Tokoh Masyarakat

Kadus, Ketua RW dan Ketua RT.jpgKepala Dusun, Ketua RW dan Ketua RT

14 Responses to “Monografi”


  1. 1 Kurt 6 Maret 2008 pukul 8:56 am

    Waah begitu klik pada monografi, kok yaa belum ada toh tulisane.. Sibuk ya Pak Haji?🙂
    salam dari Buntet

    ya geitu kang maklum super sibuk hehe hehe

  2. 2 Hendra 10 Maret 2008 pukul 12:25 pm

    He..eh saya juga klik… kok kosong !
    Ajarin ngenet staf2nya pak kades

    maklum masih ditangani sendiri & kesibukan amat sangat bertumpuk eh staf pegang komputer aja masih belajar ….. jadi maju ingin waktu nulis sedikit ditambah telkomnya lelet jadi ya begini adanya

  3. 3 wenda 12 Maret 2008 pukul 4:48 am

    monografinya mana pak haji???? dibuat secara umum saja terutama data yang terkait produk unggulan, atau yang berpotensi, tidk usah seluruhnya. he he he saran saja. kalo bisa mah web sitenya se kecamatan ya?? he he he

    ==============
    Siap komandan trims nih atas kunjungannya dan saya terus berbenah
    salam

  4. 4 Hendra 16 Maret 2008 pukul 8:29 pm

    Assalamualaikum pak Haji .. !

    Udah lumayan lah data monografinya udah ada isinya, mudah2an datanya akurat

  5. 5 Rakhmat Herlanto 28 Maret 2008 pukul 10:59 pm

    Waduh senang, bangga dan bahagia. di purwakarta dimana tempat saya tinggal ,ada Desa yang ingin tampil beda demi kemajuan daerahnya. seharusnya pemerintah bangga ada desa yang berani muncul apa adanya, patut diacungi jempol, bagaimana para pimpinan daerah melihat desa bungursari ? patut dicontoh keberanian kadesnya yang ingin memajukan desanya.

    saya sangat setuju, kalau desa bungur sari, menunjolkan potensi daerahnya, apalagi dekat kawasan hutan jati, asri, sejuk dan nyaman itupun jika ditata dengan baik. ok Pa kades, salut pokonya T…O…BGT dech………

    ================
    trims kang, semoga menjadi paendorong saya untuk terus maju dan maju sekali lagi mohon doa dan dukungannya agar bisa berkarya demi bangsa dan negar… trms

  6. 6 Fi'i 1 April 2008 pukul 4:10 pm

    Ka’ Ono selamat ya dah jadi kades maaph aga telat ngasih ucapannya….sya baru liat BLOG-nya keren jg..ka Ono ermang figur orang yg kerja keras yang pada akhirnya menuai hasil yang bagus dan maksimal…

    sekali lagi saya acungi jempol deh bwt ka ONo…

    oya kapan memajukan desa CIpajang..??

    sekian thxs

    ===============
    Trms nih atas ucapannya yang pasti saran tetap saya harapkan…
    salam untuk teman-teman yang lain.

    wslm

  7. 7 moumtaza 29 November 2008 pukul 2:02 pm

    seandainya semua desa di Purwakarta seperti ini. Pak, minta ke Pak Bupati aja agar seluruh Kepada Desa dan Lurah juga diberikan pelatihan internet dan seluruh pendopo kelurahan dipasang hotspot. Rasanya akan semakin maju Purwakarta.

  8. 8 Alif Kamal Jauhari 10 Desember 2010 pukul 7:58 pm

    wah ni penting banget nih, bermanfaat.

    =============
    trms ya semoga menjadi lebih baik lagi deh.

  9. 9 izzudin alqasam 20 Januari 2012 pukul 3:58 pm

    JD tempat hiburan
    apa tempat maksiat ya?

  10. 11 yusuf norsahisnu 21 Februari 2012 pukul 9:26 am

    BAGUS.. Lebih bagus lagi kalo ada nama-nama kades dari yg pertama sampai yg terkhir.. ada sumber keuangan desa.. PADes.. APBDes dll.

  11. 13 yoenizz 8 Mei 2012 pukul 9:47 am

    Pa, masih sering buka blognya? saya mencari profil desa Cinangka, jika Bapak punya, mohon bantuannya kirim ke email yoenizz@ymail.com. terima kasih sebelumnya ……
    sukses selalu…….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




selamat datang di situs pribadi Kades Bungursari Purwakarta. Catatan ini sekedar melampiaskan hasrat untuk belajar menulis apa saja yang ringan-ringan tapi bermanfaat di sekitar aktivtas saya sebagai Kades.

Tulisan Terbaru

Blog Stats

  • 16,293 hits

Klik tertinggi

  • Tak ada

RSS KOMPAS

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Berita FOTO

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Flickr Photos

Pueblo Bonito, Chaco Canyon

The Aged and the Ageless

Photonic Symphony

Lebih Banyak Foto

%d blogger menyukai ini: